Pelatihan Kader Keamanan Pangan Desa (KKPD) di Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2022

Senin-Selasa, 27-28 Juni 2022, BBPOM di Pekanbaru melaksanakan kegiatan Pelatihan Kader Keamanan Pangan Desa (KKPD) di Kabupaten Kepulauan Meranti yang berlangsung di Hotel Grand Indobaru Selatpanjang. Adapun peserta pada kegiatan ini ialah Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti, Puskesmas Alai, Puskesmas Alah Air, Puskesmas Anak Setatah, Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kader Masyarakat, Kader Sekolah dan Kader Keluarga yang berasal dari Desa Banglas, Desa Mekong dan Desa Sialang Pasung. 

Pelatihan KKPD dibuka secara resmi oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti Bapak Muhammad Fahri yang menyampaikan dukungan terhadap pelaksanaan Program Desa Pangan Aman dan harapan akan diraihnya prestasi-prestasi terbaik di tingkat nasional nantinya. Kepala BBPOM di Pekanbaru Bapak Yosef Dwi Irwan menyampaikan harapan akan terbentuknya sumber daya manusia yang kompeten dalam melakukan pendampingan implementasi keamanan pangan kepada komunitas desa demi mewujudkan tujuan dari Program Desa Pangan Aman di Kabupaten Kepulauan Meranti. 

Pada Pelatihan ini juga dilakukan penyerahan alat uji cepat (test kit) 4 bahan kimia berbahaya pada pangan yaitu formalin, boraks, metanil yellow dan rhodamin B kepada ketiga desa tersebut. Para KKPD juga dilatih untuk melakukan pengujian 4 bahan berbahaya dengan menggunakan alat uji cepat tersebut. Selain itu, dilakukan juga pelatihan dan praktek micro teaching kepada para kader dengan harapan agar KKPD mendapatkan kompetensi yang baik dalam melakukan penyuluhan mengenai keamanan pangan kepada masyarakat nantinya.

Dengan terselenggaranya kegiatan Pelatihan KKPD diharapkan para Kader Keamanan Pangan Desa dapat menjadi agen keamanan pangan serta melakukan pendampingan penerapan keamanan pangan terhadap berbagai komunitas di desa masing-masing. Melalui hal tersebut maka KKPD dapat melakukan pengawasan keamanan pangan secara mandiri di desa masing-masing dengan didampingi oleh BBPOM di Pekanbaru.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *